Kamis, 29 September 2011

TLD


TLD (disambiguation)

"TLD" beralih ke halaman ini. Untuk kegunaan lain, lihat TLD (disambiguasi).  Sebuah top-level domain (TLD) adalah salah satu domain pada tingkat tertinggi dalam Domain Name System hirarkis Internet [1]. The top-level nama domain yang dipasang di zona akar ruang nama. Untuk semua domain dalam tingkat yang lebih rendah, itu adalah bagian terakhir dari nama domain, yaitu, label terakhir dari nama domain berkualifikasi lengkap. Sebagai contoh, di www.example.com nama domain, domain tingkat atas adalah com (atau. COM, sebagai nama domain tidak case-sensitif). Manajemen paling top-level domain yang didelegasikan kepada organisasi yang bertanggung jawab oleh Internet untuk Corporation Ditugaskan Nama dan Nomor (ICANN), yang mengoperasikan Internet Bilangan ditugaskan Authority (IANA) dan bertugas menjaga zona DNS root.
Awalnya, ruang top-level domain diorganisir menjadi tiga kelompok utama, [2] Negara, Kategori, dan Multiorganizations. Sebuah kelompok sementara tambahan hanya terdiri dari domain DNS awal, [3] ARPA, dimaksudkan untuk keperluan transisi menuju stabilisasi sistem nama domain. Negara yang ditunjuk dalam Sistem Nama Domain oleh dua-huruf kode ISO negara mereka; [4] ada pengecualian, bagaimanapun (misalnya, uk.). Kelompok ini domain Oleh karena itu umumnya dikenal sebagai kode negara top-level domain (ccTLD). Sejak 2009, negara dengan alfabet non-Latin atau sistem berbasis scripting mungkin berlaku untuk negara internasionalisasi nama domain tingkat atas dengan kode, yang ditampilkan di pengguna akhir aplikasi dalam bahasa asli naskah mereka atau alfabet, tetapi menggunakan Punycode-diterjemahkan domain ASCII nama dalam Domain Name System.
Kelompok Categories telah menjadi dikenal sebagai top-level domain generik. Awalnya kelompok ini terdiri dari GOV, EDU, COM, MIL, ORG, dan NET. Dalam pertumbuhan Internet, menjadi diinginkan untuk menciptakan tambahan generik domain tingkat atas. Beberapa tujuan domain awal 'juga umum, dimodifikasi, atau ditugaskan untuk pemeliharaan kepada organisasi khusus berafiliasi dengan tujuan yang dimaksudkan.
Akibatnya, IANA hari ini membedakan kelompok-kelompok berikut dari top-level domain: [5] kode negara top-level domain (ccTLD): Dua huruf domain yang ditetapkan untuk negara atau wilayah. Dengan beberapa pengecualian sejarah, kode untuk setiap wilayah adalah sama dengan dua huruf kode ISO 3166.  internasionalisasi negara kode top-level domain (IDN ccTLD). generik top-level domain (gTLD): Top-level domain dengan tiga atau lebih karakter
 unsponsored top-level domain: domain yang beroperasi secara langsung di bawah kebijakan yang ditetapkan oleh ICANN proses untuk komunitas internet global.
disponsori top-level domain (sTLD): Domain ini diusulkan dan disponsori oleh lembaga swasta atau organisasi yang menetapkan dan menegakkan aturan membatasi kelayakan untuk menggunakan TLD. Gunakan didasarkan pada konsep tema komunitas. infrastruktur top-level domain: Kelompok ini terdiri dari satu domain, Alamat dan Routing Area Parameter (ARPA).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar